3 Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Akurat

Mengetahui bahwa Anda mendapatkan garis dua strip adalah kabar yang sangat menggembirakan. Bagaimana tidak? Berita ini adalah yang paling ditunggu-tunggu sepanjang tahun terutama bagi pasangan yang sudah lama menikah. Setiap moment kehamilan akan terasa mendebarkan dan membahagiakan. Oleh sebab itu, banyak calon ibu yang menghitung-hitung usia bayinya hingga ia dilahirkan. Cara menghitung usia kehamilan merupakan hal dasar yang harus dimengerti oleh ibu. Bagaimanakah caranya?

Cara Mengetahui Usia Kehamilan Dengan Mudah Dan Tepat

Dengan mengetahui usia kehamilan, setidaknya Anda akan tahu calon bayi Anda sedang berada dalam tahap perkembangan yang mana. Apakah sedang masa pembentukan organ dalam, sedang masa pertumbuhan seluruh anggota tubuh ataupun sedang masa pembesaran. Cara menghitung usia kehamilan memang tidak selalu harus dilakukan oleh tim medis, Anda bisa melakukannya sendiri dengan mudah dan tepat. Inilah caranya :

  • Hitungan Kalender

Cara menghitung umur kehamilan dengan hitungan kalender adalah untuk memperoleh tanggal perkiraan bayi Anda akan dilahirkan. Anda harus memahami betul jadwal menstruasi setiap bulan. Akan lebih baik jika Anda memiliki sebuah catatan setiap tanggal berapa Anda pertama kali dan berhenti menstruasi. Umumnya, seorang wanita memiliki siklus haid selama 28 hari hingga 30 hari sekali. Banyak faktor yang mempengaruhi datangnya siklus bulanan ini. Oleh sebab itu, lebih baik kiranya jika Anda mencatatnya.

HPHT adalah singkatan dari Hari Pertama Haid Terakhir. Cara mengetahui Hari Perkiraan Lahir (HPL) adalah menambahkan HPTP dengan rumus :

  1. Tanggal HPHT + 7
  2. Bulan HPHT – 3
  3. Tahun HPHT +1

Misalnya jika bulan lalu Anda mengalami haid pada tanggal 7 Mei 2019, maka :

  1. Tanggal HPL = Tgl HPHT + 7 = 7 + 7 = 14
  2. Bulan HPL = Bln HPHT – 3 = 5 – 3 = 2
  3. Tahun HPL = Thn HPHT + 1 + 2019 + 1 = 2020

Maka Bayi Anda akan lahir sekitar 14 Februari 2020. Cukup mudah bukan?

  • Cara Hitung Fundus Uteri

Cara menghitung usia kehamilan ini biasanya dilakukan oleh bidan atau perawat. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Fundus Uteri adalah puncak rahim. Seiring dengan membesarnya bayi, perut Anda juga akan membesar. Cara untuk menghitungnya adalah :

  1. Tidur Telentang
  2. Carilah posisi atau puncak rahim paling tinggi, ditandai dengan tonjolan pada bagian paling atas.
  3. Ukurlah jarak dari tulang kemaluan ke ujung tertinggi itu
  4. Jika kehamilan sudah cukup besar dan Anda tidak mampu untuk menjangkau bagian bawah perut, Anda bisa meminta bantuan suami atau saudara perempuan.
  5. Jika jarak antara tulang kemaluan dan fundus uteri adalah 17 cm, maka usia kehamilan Anda adalah 17 minggu.
  • Dengan Kalkulator Kehamilan Online

Cara menghitung usia kehamilan yang satu ini paling mudah dan hasilnya akurat. Kalkulator kehamilan online bisa Anda download dari playstore. Umumnya, Anda hanya akan diminta untuk memasukkan tanggal HPHT. Kemudian, kalkulator akan menghitung secara otomatis tanggal perkiraan bayi dilahirkan dan usia kehamilan saat ini.

Mengetahui usia kehamilan adalah hal penting yang harus calon ibu ketahui. Dengan begitu, ibu bisa menambahkan nutrisi makanan sesuai dengan kebutuhan untuk perkembangan calon bayinya. Jadi, selamat mencoba ya moms.

Leave a Reply