Cara Perhitungan Komisi Marketing Yang Benar dan Mudah

Cara Perhitungan Komisi Marketing Yang Benar dan Mudah

Jika anda merupakan seorang pebisnis, khususnya dalam bidang penjualan yang punya banyak salesman pasti masalah pembagian komisis untuk tim salesnya akan menjadi masalah tersendiri. Adakah cara perhitungan komisi marketing yang mudah? Pasti anda akan mempertanyakan hal itu. Tenang, kami akan berikan solusinya untuk masalah anda ini.

Memang terkadang pembagian komisi yang dilakukan itu tak sesuai dengan kontribusi yang telah diberikan oleh setiap sales sebab pembagian komisi ini hanya berdasarkan dari pencatatan sederhana dan juga perhitungan kasar. Dan hal ini pasti menjadikan kecemburuan sesama sales. Oleh karena itu kami akan bagikan info cara menghitung komisi marketing yang mudah untuk anda.

Cara Menentukan Komisi Marketing

Setiap sales atau marketing pasti mendambakan adanya komisis atau bonus dari perusahaan. Komisis bisa jadi bagian dari motivasi karyawan tersebut untuk selalu berprestasi bagi perusahaannya. Dalam perhitungan atau cara menentukan komisis ini, ternyata ada formulanya agar penentuannya lebih mudah dan sederhana. Formula ini tidak terbatas untuk perusahaan yang bersifat industri saja, bagi perusahaan di bidang jasa pun bisa digunakan.

Menggunakan Software Akuntansi BEE Accounting

Software akuntansi ini tergolong unik dibanding dengan software akuntansi lain karena dalam software ini dapat dilakukan penambahan fitur dengan menggunakan sistem plugin. Plugin Komisi salah satunya. Plugin ini bisa digunakan untuk perhitungan komisi bagi semua salesman hanya dengan sekali klik. Syarat dan aturan komisi yang berbeda untuk tiap perusahaan juga bisa di Custom sehingga pebisnis tetap bisa menerapkan aturan komisi tersendiri. Selain itu, hdari asil perhitungan komisi disajikan dalam beberapa detail laporan sehingga transparansi perhitungan menjadi fair untuk pebisnis dan salesnya.

  • Memasukan Aturan Komisi (Pilih Menu “Aturan Standart” –> “Aturan Komisi”)
  • Menerapkan Item dengan aturan komisi yang telah dibuat (Pilih Menu “Komisi Standart “–> “Aturan Komisi Item”
  • Melalui Tab Single untuk menerapkan aturan komisi ke item secara satu-persatu caranya Arahkan Kursor pada item yang diinginkan –> tekan tombol “Add” –> pilih combo aturan komisi
  • Tab Group untuk menerapkan aturan komisi ke-beberapa item sekaligus caranya centang “pilih” pada item yang ingin diterapkan aturan komisi–> tekan tombol “Add”.
  • Tekan Tombol save untuk menyimpan.

Proses Penghitungan Komisi

  • Menghitung Komisi (anda Pilih Menu “Komisi” –> “Proses Komisi”)
  • Dapat dilakukan filter periode juga salesman tertentu sebelum diproses.
  • Centang aturan perhitungan komisi yang akan diproses –> Tekan tombol proses.
  • Setelah melakukan proses, maka perhitungan komisi sudah selesai.
  • Laporan hasil perhitungan komisi per item silakan pilih menu “Komisi Standart” –> “Laporan Detail Komisi per Item” –> pilih filter –> preview.
  • Untuk mengetahui laporan dari hasil perhitungan detail komisi per sales pilih menu “Komisi” –> “Laporan Detail Komisi per Sales” –> pilih filter –>tekan tombol preview.
  • Jika ingin menampilkan laporan rekapan semua komisi sales maka pilih saja menu “Komisi” –> “Laporan Rekap Komisi Sales” –> sesuaikan filter –> tekan tombol preview.

Aturan Main Dalam Komisi

Sebaiknya aturan main dalam komisi dibuat yang seringkas mungkin. Aturan pencairan komisi yang terlalu rumit dan berbelit, akan membuat sales Anda jadi kebanyakan mikir daripada bertindak. Salah satu aturan yang merupakan aturan kunci adalah tentang bilamana komisi tetap cair bila penjualan dibatalkan atau ada piutang macet?

Nah, seperti itulah cara perhitungan komisi marketing yang mudah untuk dilakukan. Semoga dengan informasi yang kami sampaikan ini bisa membantu anda mempermudah menghitung komisi karyawan anda.

Leave a Reply