Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil akan turut berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Hal ini dikarenakan, makanan janin selama di dalam kandungan berasal dari nutrisi sang ibu yang disalurkan melalui plasenta. Dengan adanya plasenta inilah, oksigen serta berbagai nutrisi dari sang ibu akan disalurkan ke janin dan digunakan sebagai pertumbuhannya di dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya sudah menjaga kesehatan dan kecerdasan janin, salah satunya melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Enam Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat merangsang kecerdasan bayi pada masa kehamilan antara lain:

Mengonsumsi Telur

Salah satu makanan sehat untuk ibu hamil adalah makanan yang kaya akan protein. Salah satu sumber protein yang sangat murah dan mudah didapatkan adalah telur. Preotein akan sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Di dalam telur juga terkandung senyawa choline yang berperan dalam perkembangan otak pada bayi.

Mengonsumsi Susu dan Produk Olahannya

Makanan yang baik bagi ibu dan perkembangan janinnya adalah susu. Baik susu maupun hasil produk olahannya mengandung berbagai senyawa seperti vitamin B, magnesium, dan zat besi. Dengan berbagai kandungan senyawa dalam susu tersebut, susu berperan dalam merangsang pertumbuhan tulang bayi agar semakin kuat. Susu juga merupakan minuman yang kaya akan probiotik yang berperan dalam menghindarkan tubuh dari infeksi.

Mengonsumsi Daging Ikan Salmon

Jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang satu ini sudah sangat sering dikonsumsi oleh ibu hamil agar perkembangan otak sang janin dapat berjalan dengan baik. Daging ikan Salmon mengandung omega 3 yang sangat tinggi, di mana senyawa ini berperan dalam merangsang kecerdasan anak. Selain itu, sebaiknya ibu hamil mengurangi makanan yang mengandung MSG dan bahan pengawet.

Mengonsumsi Ubi Jalar

Sebagaimana makanan yang sudah disebutkan, ubi jalar juga merupakan makanan sehat untuk ibu hamil. Di dalam ubi jalar, terkandung vitamin A yang tinggi, sehingga baik untuk tumbuh kembang janin, terutama dalam membentuk sistem kekebalan tubuhnya. Ubi jalar sebaiknya diolah dengan cara direbus, sehingga tidak tercampur dengan bahan-bahan lain yang mungkin saja justru tidak sehat bagi ibu dan janin.

Mengonsumsi Kacang-Kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan seperti jenis polong akan sangat baik untuk memicu tumbuh kembang janin.  Kacang-kacangan atau biji-bijian akan sangat baik digunakan oleh ibu hamil sebagai camilan di setiap harinya. Namun akan lbeih baik lagi apabila kacang-kacangan atau biji-bijian tidak ditambahkan dengan garam atau gula yang berlebih. Cara mengolah agar kacang-kacangan tetap sehat adalah dengan merebusnya, mengovennya, atau bisa dengan menyangrainya. Selain rasanya yang enak, dengan camilan seperti ini berat badan dan kesehatan bayi ketika lahir akan terjaga, dan bayi pun tidak akan lemah pada saat proses persalinan.

Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak merupakan makanan yang kaya akan gizi kompleks serta zat besi, yang sangat dibutuhlan oleh janin agar bisa terlahir dengan sehat dan cerdas. Zat besi yang tinggi dalam daging tanpa lemak dapat berperan penting dalam produksi hemoflobin, sehingga daging tanpa lemak merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil.

Makanan sehat untuk ibu hamil sangatlah penting bagi kesehatan ibu dan buah hati. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, sang buah hati dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik.

Leave a Reply