Manfaat Pemberian Pisang Untuk Bayi Sebagai MPASI

Manfaat Pemberian Pisang Untuk Bayi Sebagai MPASI

Pisang dikenal sebagai buah dengan kandungan nutrisi sangat tinggi dan juga kaya manfaat. Selain itu buah pisang ini bisa dijumpai dengan mudah sebab harganya juga sangat terjangkau. Jenis buah pisang ini kaya sumber vitamin serat dan mineral yang diperlukan tubuh untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Pisang bisa dikonsumsi siapapun mulai dari orang dewasa hingga konsumsi pisang untuk bayi juga aman.

Disamping vitamin juga mineral yang sangat melimpah, nyatanya buah pisang ini menjadi sumber makanan yang rendah lemak dan punya manfaat yang beragam untuk tumbuh kembang bayi. Tapi anda juga harus ingat bahwa pemberian pisang pada bayi dilakukan setelah bayi mulai memasuki usia dimana ia sudah bisa diberi MPASI.

Manfaat Pisang Untuk Tumbuh Kembang Bayi

Tahukah anda apa saja manfaat buah pisang untuk bayi? Ternyata ada banyak sekali manfaat yang terkandung dalam buah pisang dalam membantu mendukung tumbuh kembang bayi. Diantaranya adalah:

  1. Melancarkan dan Membersihkan Kandung Kemih

Selain sembelit atau sulit BAB. Bayi juga rentan terhadap infeksi saluran kemih. Tanda yang bisa diperhatikan adalah sering menangisnya bayi pada jam-jam tertentu lalu demam dan bayi jarang buang air kecil.

Cara terbaik adalah dengan berobat ke dokter dan kedua yakni merutinkan pemberian pisang kepada bayi. Karena pisang mampu membersihkan saluran kemih dari toxin berbahaya.

  1. Sangat Cocok sebagai Makanan Pertama Bayi

Pada usia 6 bulan, ini adalah saatnya bayi mulai dikenalkan pada makanan pertamanya. Sebagai orang tua jangan asal saat mengenalkan bayi dengan makanan pertamanya, selain karena pencernaan bayi masih sangat rentan mengenalkan makanan pertama yang salah pada bayi juga dapat membuat bayi menjadi susah makan nantinya. Beri bayi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah. Buah merupakan makanan yang sangat baik di konsumsi ole yang memiliki tekstur yang lembut dan manis sangat pas untuk lidah bayi, dan juga pisang aman untuk perut bayi karena mudah dicerna.

  1. Mengatasi diare Pada Bayi

Masalah yang sering diderita oleh bayi salah satunya adalah diare. Bayi yang terkena diare bisa disebabkan oleh virus. Pada kasus tersebut, prioritas utama harus mengkonsultasikan kondisi tersebut pada dokter. Anda harus pastikan bayi selalu terhidrasi, buah pisang sangat bagus diberikan pada bayi diare. Sebab pisang bisa membantu memadatkan feses dan menghindarkan bayi dari kehilangan cairan selama diare berlangsung.

  1. Buah yang Bebas dari Alergi

Alergi yang biasanya dialami oleh seseorang disebabkan karena intoleransi asam amino yang timbul di dalam sistem pencernaan. Asam amino yang terkandung di dalam buah pisang ini lebih jinak dengan demikian akan mudah dicerna dan tidak menyebabkan alergi.

Oleh karenanya ibu tidak perlu khawatir untuk memberikan pisang kepada bayi. Karena dengan memberikan pisang kepada bayi secara rutin akan melenacarkan sekresi dan ekresi serta menyehatkan bayi.

  1. Meningkatkan kesehatan Tulang dan juga Penglihatan

Pisang merupakan makanan yang kaya kalium, kalium berfungsi menetralkan natrium dalam pembentukan tulang. Pemberian MPASI pada bayi dari buah pisang maka bisa membuat bayi penglihatan lebih baik, hal ini disebabkan pisang juga memiiki kandungan Vitamin A yang kita semua tahu itu baik bagi mata, seperti untuk melindungi retina dari segala jenis penyakit.

nah, seperti itulah 5 manfaat pisang untuk bayi anda. Semoga informasi yang kami bagikan kepada anda ini bisa bermanfaat dalam membantu anda memberikan MPASI pada bayi anda.

Leave a Reply