Melihat Perkembangan Janin 34 Minggu Persiapkan Persalinan Anda

Melihat Perkembangan Janin 34 Minggu Persiapkan Persalinan Anda

Saat kehamilan anda sudah masuk usia 34 minggu ini berarti tinggal enam minggu lagi menjelang proses persalinan. Perkembangan janin 34 minggu semakin pesat. Sang ibu pastinya akan melalui masa- masa yang menarik dan juga mendebarkan. sebab pada usia ini bayi sudah berada di pintu rahim. dan janin sudah terbentuk dengan sempurna. Proporsi tubuhnya sudah sesuai dengan yang duharapkan ketika terlahir nanti.

Walaupun demikian, janin masih harus mematangkan beberapa hal dan juga menambah berat badan sebelum akhirnya benar- benar siap untuk dilahirkan. Sebenarnya apa saja yang terjadi pada janin dalam usia 34 minggu ini dan bagaimana perkembangannya? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Berat Janin 34 Minggu

Tubuh janin pada usia 34 minggu memiliki berat sekitar 2,2 kilogram. Akan tetapi beratnya bisa lebih bila memang nutrisi dari ibu berlebih. Untuk panjang janin mencapai 44 sampai 45 cm. janin yang berkembang dengan optimal akan membuat janin lebih bulat sebab jaringan pada tubuhnya makin baik. Dalam usia ini janin ukurannya sebesar cantaloupe.

Janin 34 Minggu Aktif Bergerak

Meskipun ukuran janin kian membesar dan ruang dalam rahim ibu juga makin terisi namun janin bisa tetap aktif bergerak meski sedikit terbatas. Tak perlu khawatir, janin tetap dapat bergerak dan ibu tetap bisa memantau keaktifan janin. Saat ini, bayi bisa menendang, menyikut, menggerakkan jemarinya, menghisap ibu jari, atau menyentuh bagian tubuhnya yang lain seperti wajah. Beberapa ibu merasakan aktifitas janin yang lain misalnya cegukan, dan hal ini normal saja.

Janin 34 Minggu Sudah Masuk Panggul

Karena posisi kepala janin di usia 34 minggu telah berada di bagian bawah, kandung kemih ibu pun ikut tertekan. Hal ini menyebabkan ibu menjadi lebih sering buang air kecil. Jangan berhenti minum air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan. Sebaiknya kurangi minuman seperti teh dan kopi karena dapat menyebabkan dehidrasi.

Sistem Imun Janin Meningkat

Sistem organ tubuh dari janin telah berfungsi, namun sistem imun dari janin masih dalam perkembangan dan terus meningkat. Sistem imun sangat dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh sang janin dari pengaruh luar yang mengancam kesehatannya. Saat ini sistem imun janin berkembang dengan bantuan dari dalam tubuh ibu. Nantinya, ketika lahir bayi akan mendapatkan asupan antibodi yang membantu sistem kekebalan tubuhnya saat mengonsumsi air susu ibu.

Iris mata berwarna biru

Iris atau dikenal dengan selaput pelangi memberi ciri khas warna pada mata. Tahukah ibu, di usia 34 minggu, iris telah terbentuk dan memberikan warna pada mata janin. Di usia ini, warna dasar iris atau selaput pelangi mata adalah biru, namun pada perkembangan berikutnya warna mata janin telah menjadi seperti warna mata orang tua.

Tulang janin semakin mengeras

Salah satu penyebab berat bayi meningkat dengan cepat adalah tulang-tulang janin pada usia 34 minggu semakin mengeras. Selain organ internal janin yang semakin sempurna, tulang-tulang janin pun berkembang dengan baik dan siap menopang tubuhnya yang mungil. Meski demikian, tulang pada bagian kepala janin masih berupa lempeng dan tetap lentur untuk memudahkan kelahiran bayi.

Demikianlah informasi dan penjelasan mengenai perkembangan janin 34 minggu yang bisa anda ketahui. Untuk itu anda harus mempersiapkan bagaimana nantinya jelang kelahiran sang bayi agar semuanya berjalan lancar seperti apa yang kita harapkan. bayi terlahir selamat dan sehat begitupun juga dengan ibunya.

Leave a Reply