Perhatikan! Penyebab Sakit Kepala

Sakit kepala sudah pernah dirasakan oleh hampir setiap orang. Kepala terasa pening, pusing, nyeri sebelah, dan sebagainya. Karena rasa yang sangat tidak nyaman dan menyakitkan, tentu saja aktivitas kita akan terganggu.Mengetahui penyebab sakit kepala yang menyerang kita, sangatlah penting.

Sebab, terdapat kemungkinan bahwa sakit kepala tersebut merupakan salah satu gejala yang menandakan bahwa tubuh kita sedang diserang oleh penyakit tertentu. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengetahui penyebab sakit kepala.

Perhatikan! Penyebab Sakit Kepala

Berbagai Penyebab Sakit Kepala

Pada umumnya, sakit kepala dapat dikelompokkan berdasarkan penyebabnya, yakni sakit kepala primer yang tidak terkait dengan penyakit lain, serta sakit kepala sekunder, yang muncul akibat adanya penyakit lain. Berikut penjelasannya:

Sakit Kepala Primer

Sakit kepala primer merupakan munculnya rasa sakit pada bagian kepala dan disebabkan oleh adanya gangguan pada struktur kepala yang sangat sensitif terhadap rasa sakit. Selain itu, sakit kepala ini bukan merupakan gejala akibat adanya penyakit lain.

Terdapat sejumlah faktor yang dapat menyebabkan sakit kepala primer, seperti adanya perubahan aktivitas kimia di otak, angguan pada otot leher dan kepala, pembuluh darah dan/atau saraf. Berikut beberapa sakit kepala jenis primer yang sering terjadi:

  1. Sakit kepala tegang. Sakit kepala jenis primer yang satu ini adalah tipe yang paling sering dialami oleh sebagian besar orang. Umumnya, orang yang mengalami sakit kepala tegang ini akan merasakan rasa saakit seperti ada tali karet yang mengelilingi dan melilit kepala dengan sangat kuat. Terkadang rasa sakit yang muncul juga seperti ada yang menekan kepala denan sangat kuat dan terus-menerus. Beberapa hal yang menyebabkan sakit kepala tegang ini antara lain kurang tidur, stres, dehidrasi, kurang mengonsumsi air putih, serta melewatkan waktu makan.
  2. Migrain. Dibandingkan dengan sakit kepala tegang, orang yang mengalami sakit kepala migrain lebih sedikit. Rasa sakit yang dirasakan oleh penderita migrain adalah adanya rasa sakit pada salah satu sisi atau kedua sisi kepala. Rasa sakit tersebut seperti rasa berdenyut yang sangat ngilu di bagian sisi kepala. Selain itu, rasa sakit dapat muncul secara berulan, sehingga tentu saja aktivitas akan terganggu. Migrain dapat diatasi dengan mengonsumsi obat yang sudah tersedia di apotek, atau apabila migrain yang dirasakan sudah sangat parah, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan serta resep obat yang aman dan ampuh untuk menangani migarin.
  3. Sakit kepala cluster. Sakit kepala jenis cluster ditandai dengan adanya rasa sakit yang luar biasa dan menyebar hingga ke bagian mata. Kepala dan bagian di sekitar mata akan terasa ngilu dan berdenyut-denyut. Serangan sakit kepala jenis ini dapat terjadi selama satu sampai dua bulan dalam satu tahun. Sakit kepala cluster ini tidak cukup bila ditangani dengan obat beredar di masyarakat, sehingga sebaiknya diperiksakan ke dokter dan biasanya akan diberi obat khusus seperti sumatriptan and lithium.

Sakit Kepala Sekunder

Sakit kepala sekunder merupakan sakit kepala yang muncul akibat adanya penyakit lain dalam tubuh. Beberapa penyakit yang menjadi penyebab sakit kepala sekunder yang sering terjadi adalah:

·         Sinusitis

·         Flu

·         Infeksi telinga

·         Pengar

·         Mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu dingin secara tiba-tiba

 

·         Masalah gigi

·         Menggunakan penutup atau perlengkapan kepala yang terlalu ketat misalnya helm

·         Perubahan hormon pada wanita misalnya setelah mengonsumsi pil KB

·         Gangguan pada penglihatan misalnya glaukoma

 

Sedangkan untuk penyebab sakit kepala yang jarang terjadi antara lain:

·         Penyumbatan pembuluh darah di otak

·         Radang pada otak

·         Gegar otak

·         Neuralgia trigeminal

·         Aneurisma otak

·         Keracunan karbon monoksida

·         Serangan panik

·         Meningitis

 

 

Dengan mengetahui berbagai penyebab sakit kepala ini, diharapkan kita tidak hanya menganggap sepele terhadap sakit kepala dapat segera mengenali dan segera memeriksakan sakit kepala yang dirasakan kepada dokter agar segera mendapatkan pemeriksaan dan penanganan.

Leave a Reply