Tips Mudah Agar Cepat Hamil

Untuk anda yang baru melangsungan pernikahan,hal selanjutnya yang anda dan pasangan tunggu-tunggu adalah kehamilan. Agar bisa segera hamil anda harus memperhatikan beberapa tips berikut.

Tips cepat hamil

Beberapa tips cepat hamil yang bisa anda lakukan aanatar lain:

Berhenti menggunakan alat kontrasepsi

Jika sebelumnya anda melakukan alat kontrasepsi, sebaiknya ketika anda sudah merencanakan kehamilan maka anda harus melepaskan alat kontrasepsi jenis apapun yang biasa anda gunakan. Jika anda melakukan hubungan seksual dalam waktu yang tepat maka kemungkinan anda bisa langsung hamil.

Namun ada beberapa alat kontrasepsi yang akan membutuhkan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan untuk mengembalikan kesuburan anda. Misalnya alat kontrasepsi oral dan alat kontrasepsi suntikan.

Memeriksa kondisi kesehatan

Hubungi dokter anda dan periksakanlah diri anda dan pasangan ketika sudah merencanakan kehamilan. Dokter akan memeriksa kondisi kesehatan anda sehingga bisa diketahui juga kapan masa subur anda, sehingga ketika masa subur inilah waktu yang tepat untuk melakukan pembuahan.

Mengetahui masa subur

Untuk anda yang sedang merencanakan kehamilan, hal penting yang harus anda ketahui adalah masa subur. Meskipun anda rutin melakukan hubungan intim bersama pasangan, namun jika bukan dalam masa subur maka sia-sia saja.

Wanita akan melepaskan sel telur dalam waktu 1 kali dalam sebulan dan hanya akan berlangsung selama beberapa hari. Biasanya masa subur ini akan terjadi beberapa hari setelah anda haid. Untuk mengetahui kapan masa subur anda, anda bisa menghitung siklus haid anda setiap bulannya.

Jaga kualitas sperma

Kualitas sperma yang baik dan kuat akan mampu membuahi sel telur lebih cepat. Oleh karena itu para suami juga memiliki peranan penting dalam mempersiapkan kehamilan. Beberapa hal yang bisa anda perhatikan dalam menjaga kualitas sperma adalah:

  • Kurangi mengonsumsi alkohol, dan akan lebih baik jika berhenti mengonsumsinya, karena penelitian menunjukan bahwa pria yang sering mengonsumsi alkohol akan menurunkan kadar testosterone dalam sperma. Dan akan meningkatkan jumlah sperma yang tidak normal.
  • Berhenti merokok karena rokok akan menurunkan kualitas sperma dan menurunkan kinerja sperma
  • Penuhi kebutuhan nutrisi untuk dapat membentuk sperma yang sehat, nutrisi yang anda butuhkan untuk menjaga kualitas sperma agar tetap baik adalah vitamin C, vitamin D, asam folat, zink serta kalsium
  • Perhatikan berat badan, usahakan untuk memiliki berat badan yang prpporsional, jika sulit maka hindari memiliki berat badan yang berlebihan
  • Jangan sering berendam di air panaas. Suhu panas dalam air ini akan membunuh sperma. Testis akan berfungsi baik ketika dalam keadaan suhu 34,4 hingga 35,6 derajat celcius dibawah suhu normal.

Hindari stress

Ketika anda sedanag menjalani program hamil , sebaiknya jangan banyak memikirkan hal-hal yang akan membuat anda stress, karena stress akan mengganggu siklus keluarnya sel telur (ovulasi) sehingga anda akan lebih lama untuk hamil.

Terapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat memang harus diterapkan kapanpun termasuk sebelum anda merencanakan kehamilan. Namun tentu akan sangat baik jika anda meningkatkan pola hidup sehat saat anda sedang merencanakan kehamilan.

Pola hidup sehat ini bisa anda lakukan dengan cara rutin mengonsumsi makanan sehat seperti memperbanyak mengonsumsi buah dan sayuran serta rutin berolahraga. Dan tentunya hindari kehidupan yang tidak baik seperti merokok, mengonsumsi alkohol dan begadang.

Leave a Reply